Monday, April 11, 2016

Cloud Computing & Virtualisasi

Cloud computing adalah salah satu jenis komputasi yang mengandalkan komputasi sharing resource  daripada memiliki server lokal atau perangkat pribadi untuk menangani aplikasi. Cloud computing sebanding dengan Grid computing, sebuah jenis komputasi di mana siklus pengolahan yang tidak terpakai dari semua komputer dalam jaringan di manfaatkan untuk memecahkan masalah yang bersifat intensif untuk  mesin stand-alone. Sementara itu, virtualisasi adalah membuat versi virtual dari perangkat atau sumber daya, seperti server, perangkat penyimpanan, jaringan atau bahkan sistem operasi di mana kerangka membagi sumber daya ke dalam satu atau lebih lingkungan eksekusi. 

Cloud computing dan Virtualisasi memang tidak bisa dipisahkan,virtualisasi adalah salah satu bagian penting dalam Cloud computing sebab dapat menyederhanakan proses pengiriman layanan dengan menyediakan platform untuk mengoptimalkan sumber daya IT yang kompleks dalam cara yang terukur, yang mana hal tersebut membuat cloud computing sangat efektif. Virtualisasi dapat diterapkan sangat luas untuk segala sesuatu yang kita bisa bayangkan termasuk memori, jaringan, penyimpanan, perangkat keras, sistem operasi, dan aplikasi. Virtualisasi memiliki tiga karakteristik yang membuatnya cukup ideal untuk cloud computing :
  • Partitioning : Dalam proses virtualisasi, kita dapat menggunakan partisi untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi (OS) yang banyak dalam sistem fisik tunggal.
  • Isolation : Karena setiap mesin virtual terisolasi, maka setiap mesin dilindungi dari crash dan virus yang terdapat di komputer lain.
  • Encapsulation: Enkapsulasi dapat melindungi setiap aplikasi sehingga tidak mengganggu aplikasi lain. Dengan enkapsulasi, mesin virtual dapat direpresentasikan (dan bahkan disimpan) sebagai sebuah file, sehingga mudah untuk mengidentifikasinya dan tersedia  untuk aplikasi lain.

Sumber : 




No comments:

Post a Comment